Pemkab Situbondo Berikan Bantuan Kaki Palsu di Puncak Acara HKN Ke-54
Cari Berita

Advertisement

Pemkab Situbondo Berikan Bantuan Kaki Palsu di Puncak Acara HKN Ke-54

Senin, 12 November 2018

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 di Kabupaten Situbondo
Nampak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo sedang memasangkan kaki palsu kepada salah satu penderita kusta.

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Bekerjasama dengan RS. Sumberlagah Mojokerto,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo memberikan bantuan kaki palsu kepada 7 orang penderita kusta di puncak acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018. Senin, (12/11/2018)

Edi Cahyano perwakilan dari RS. Sumberglagah memaparkan,  bantuan berupa kaki palsu terhadap penderita kusta, ini sudah lama dilakukan sejak tahun 1985.

"Kita memang diberi tugas tupoksi untuk meringankan beban para penderita kusta. Termasuk, jika ada pasien kusta yang terjadi cacat 2 atau cacat permanen kita juga bantu. Bahkan, yang perlu diamputasi kita amputasi, kemudian baru kita buatkan kaki paslu," terangnya

Lebih dari itu, kata Edi Cahyono terdapat 20 titik Kabupaten di Wilayah Jawa Timur yang disettingg untuk memberikan kaki palsu kepada pasien kusta, salah satunya Kabupaten Situbondo.

"Kami berharap dengan melakukan pemberian kaki palsu ini, para penderita kusta bisa hidup mandiri seperti sediakala, layaknya orang-orang normal," jelas dokter Poli Kusta itu penuh harap.

Acara puncak HKN ke-54 Pemkab Situbondo tahun 2018 yang diikuti ribuan orang, berlangsung khidmat serta antusias. Karena dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati Situbondo.

Redaksi