Hadapi Simulasi UNBK, Siswi MTs dan MA Nurul Huda Gelar Istighasah
Cari Berita

Advertisement

Hadapi Simulasi UNBK, Siswi MTs dan MA Nurul Huda Gelar Istighasah

Selasa, 05 Februari 2019

Hadapi Simulasi UNBK, Siswi MTs dan MA Nurul Huda Gelar Istighasah
Siswi MTs dan Siswi MA Nurul Huda Al-Banat berdoa bersama untuk kemudahan ujian Simulasi UNBK. 

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Seluruh siswi kelas 3 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Nurul Huda menggelar istighasah bersama untuk persiapan menghadapi simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Senin, (04/03/2019)

Istighasah seperti ini, biasanya dibaca secara istiqomah setiap seminggu dua kali, yakni pada malam jum'at dan malam selasa. Namun karena akan menghadapi simulasi, istighasah dilakukan setiap malam yaitu ba'da sholat isya' berjama'ah dari jam 19.10 sampai selesai dan jam 02.00 sampai selesai yang dilanjutkan dengan sholat tahajjud berjama'ah.

Hal ini sudah menjadi tradisi bagi siswi kelas 3 MTs dan MA Nurul Huda Al-Banat Desa Peleyan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo.

Menurut pernyataan dari salah satu siswi kelas 3 MTsNH Al-Banat menyatakan,"Belum pernah saya melakukan istighosah untuk menghadapi ujian, yang saya lakukan ketika masih SD hanyalah belajar beberapa pelajaran yang akan diujikan," kata salah satu siswi kelas 3 MTsNH Al-Banat

Sementara, salah satu siswi kelas 3 MANH Al-Banat mengungkapkan, dirinya merasa bersyukur karena tradisi ini tetap berlanjut sampai saat ini. Menurutnya, sejak kelas 3 MTsNH Al-Banat ia belum mengetahui faedah dari masing-masing bacaan dibaca.

"Namun sekarang saya lebih khusyuk membaca bacaan istighasah. Hal ini juga dapat menambah semangat teman-teman untuk melakukan muthola'ah," Imbuh Siti Maisaroh.

Begitulah salah upaya yang dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian UNBK.

Penulis : Restu Umia
Mahasiswi Magang STAINH