Lomba Desa dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK Tahun 2019 Desa Tamansari-Sumbermalang -->
Cari Berita

Advertisement

Lomba Desa dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK Tahun 2019 Desa Tamansari-Sumbermalang

Selasa, 23 April 2019

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Kabupaten Situbondo melaksanakan kegiatan penilaian lapangan perkembangan Desa (Lomba Desa) dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK Tahun 2019 yang bertempat di Desa Tamansari, Kecamatan Sumbermalang, Kab. Situbondo, Selasa 23/04/2019.

Hadir dalam kegiatan penilaian tersebut, Kepala Dinas PMD dan Ketua TP. PKK beserta Tim Kabupaten Situbondo, yang didampingi oleh tim penggerak PKK Kecamatan dan Desa, dan Forkopimka Kecamatan Sumbermalang.

Dr. H. Suraji.MM Kepala Dinas PMD sekaligus ketua tim penilaian lomba desa, menyampaikan bahwa mekanisme penilaian desa dilaksanakan setiap tahun untuk mengetahui tentang perkembangan desa dalam 1 tahun, sedangkan manfaat evaluasi tersebut diharapkan dapat menjadi tolak ukur tentang capaian yang perlu dipertahankan maupun dibenahi oleh desa tersebut.

Sambutan berikutnya Hj. Umi Kulsum, Ketua tim penggerak PKK menyampaikan tentang kriteria lomba desa, bahwa Penilaian tidak hanya fokus pada administrasi namun pada implementasi pada masyarakat.

"Yang paling penting disamping kelengkapan administrasi program pkk, adalah dampak positif dari program terhadap masyarakat sehingga ada sinergi antara administrasi dan hasil capaian yang dirasakan masyarakat" imbuhnya.

Selanjutnya Tim penilai dari Kabupaten melakukan Penilaian Lomba Desa diantaranya, Administrasi Desa, Administrasi 10 Program Pokok PKK, Rumah Sehat, dan kerajinan hingga produk lokal atau produk yang diproduksi oleh masyarakat setempat.