HUT KE-74 RI: Pemuda Dusun Blumbang Wonokoyo Gelar Aneka Perlombaan
Cari Berita

Advertisement

HUT KE-74 RI: Pemuda Dusun Blumbang Wonokoyo Gelar Aneka Perlombaan

Minggu, 18 Agustus 2019

DIRGAHAYU KE 74 RI: Pemuda Dusun Blumbang Wonokoyo Gelar Aneka Perlombaan
Foto bersama panitia pelaksana, sebagian pemuda Dusun Blumbang, mahasiswa KKN UNEJ dan para pemenang aneka perlombaan. 

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-74, sejumlah pemuda, tokoh masyarakat bekerjasama dengan pemilik toko sejahtera serta menggandeng mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Negeri Jember (UNEJ) menyenggerakan beragam kegiatan lomba di halaman toko sejahtera Dusun Blumbang, Desa Wonokoyo, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Minggu, (18/08/19).

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh media ruangaspirasi.net, nampak antusias ratusan warga Dusun Blumbang dari berbagai usia untuk mengikuti serta meramaikan seluruh rangkaian lomba, khususnya anak-anak. Termasuk hadir pula para Pemuda Desa, warga Dusun setempat, Dusun tetangga dan partisipasi sejumlah mahasiswa KKN dari UNEJ.

Menurut keterangan Taufiq Hasan selaku kordinator lomba menjelaskan, adapun rangkaian kompetisi dalam semarak memperingati kemerdekaan ini dimulai sejak pagi pukul 09.30 WIB hingga selesai pukul 14.45 WIB yang terdiri dari beraneka jenis perlombaan khusus bagi anak-anak.

"Sedangkan klasifikasi perlombaan antara lain individu meliputi lomba kuis ke-Indonesiaan, makan krupuk, pukul air, balap karung dan tiup balon. Sementara yang bersifat kelompok meliputi lomba lari estafet kelereng, memasukkan paku dalam botol, rias wajah ibu dan anak, serta aneka lomba hiburan lainnya," jelasnya

"Selain itu, besok malam (19/08/2019) direncanakan akan digelar makan ikan bersama serta Nobar film-film perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan NKRI, seperti film Sang Kyai dan Jendral Sudirman. Tujuannya, untuk membangun tradisi kebersamaan warga sesama dusun serta mengingat kembali perjuangan besar para pahlawan Indonesia," tambah taufiq selaku tokoh Pemuda di Dusun Blumbang.

Desa Wonokoyo
Suasana peserta saat mengikuti lomba makan krupuk.

Disamping itu, melalui aneka rangkaian perlombaan yang telah di laksanakan, Muzayyanah selaku panitia pelaksana berharap, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa persatuan, persaudaraan dan Nasionalisme yang tinggi bagi masyarakat Dusun Blumbang dan secara umum bagi masyarakat Desa Wonokoyo terhadap NKRI.

"Pertama, saya berharap peringatan HUT RI seperti ini dapat mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berkorban jiwa raga demi tanah air Indonesia. Kedua, menguatkan silaturrahmi serta kebersamaan sesama warga antar dusun. Ketiga, memberikan pemahaman sejarah bahwa pemuda mempunyai peran aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI. Ke-empat, membangun kesadaran bersama untuk menjaga kemerdekaan bangsa Indonesia," harap Mujhe sapaan akrab pemilik toko sejahtera.

VIDEO POPULER: Puisi Kemerdekaan "Terbanglah Indonesiaku"



Lebih dari itu Abdul Kholiq selaku Kepala Dusun Blumbang Desa Wonokoyo mengatakan, bahwa acara ini murni diinisiasi dan dimotori oleh pemuda dan tokoh masyarakat Dusun Blumbang bekerjasama dengan owner tokoh sejahtera dengan menggandeng mahasiswa KKN dari UNEJ serta anggota BPD Blumbang Wonokoyo.

"Kami sangat apresiasi semangat kebersamaan pemuda Dusun Blumbang, mulai dari membersihkan wilayah, menggelar aneka perlombaan hingga memperindah dengan aneka lampu di Dusun. Hal ini merupakan bentuk kebersamaan serta rasa gotong royong untuk memeriahkan HUT Ke-74 NKRI," singkatnya

Ar Rozy