Gelar Penyerahan Mahasiswa PPL, Ketua STKIP PGRI Situbondo: "Jadilah Calon Guru yang Berkarakter"
Cari Berita

Advertisement

Gelar Penyerahan Mahasiswa PPL, Ketua STKIP PGRI Situbondo: "Jadilah Calon Guru yang Berkarakter"

Rabu, 18 September 2019

Gelar Penyerahan Mahasiswa PPL, Ketua STKIP PGRI Situbondo: "Jadilah Calon Guru yang Berkarakter"
Penyerahan Mahasiswa Peserta PPL STKIP PGRI Situbondo. (Foto: Istimewa)

SITUBONDO (Ruangaspirasi.netSTKIP PGRI Situbondo secara resmi menggelar penyerahan terhadap sejumlah mahasiswa peserta Program Pengalaman Lapangan (PPL). Rabu, (18/09/2019)

Adapun peserta PPL yang mengikuti penyerahan yakni, terdiri dari mahasiswa Pendidikan Ekonomi, mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Situbondo.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP PGRI Situbondo, Drs. H. Nursalam, M.Pd menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia pun berpesan kepada para mahasiswa agar menjaga karakter serta integritas sebagai peserta PPL.

"Alhamdulillah, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini dengan baik,"

"Saya juga ingin berpesan kepada mahasiwa peserta PPL, supaya menunjukkan karakter sebagai calon guru profesional yang siap dibimbing oleh guru pamong yang ada di sekolah," singkat Nursalam


Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo Dr. Fathor Rakhman, M.Pd mengatakan, proses menjadi guru bukanlah hal yang mudah, namun butuh keseriusan dan kesungguhan dalam menjalaninya.

"Oleh karenanya, belajarlah dengan sungguh-sungguh selama proses PPL untuk menjadi guru yang berkompetensi. Sebab, guru merupakan sosok yang harus menjadi teladan dan panutan bagi siswanya," jelasnya

BACA JUGA: PESAN TERAKHIR BJ HABIBIE PRESIDEN RI KE-3 SEBELUM WAFAT


BACA JUGA: BERHADIAH TOTAL 60 JUTA, KEMENDIKBUD RI GELAR FESTIVAL FILM PENDEK BERBAHASA DAERAH

BACA JUGA: LOWONGAN KERJA BUMN PLN GROUP

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso dan Situbondo, Bapak Drs. Mahrus Syamsul, M.Pd yang hadir mengikuti acara menerangkan, sebagai peserta PPL sudah seharusnya menjaga almamater Perguruan Tinggi, yaitu dengan mengedepankan akhlakul karimah dalam setiap sikap.

"Saya menekankan kepada para mahasiswa, agar bersikap sopan, santun serta mematuhi segala peraturan dan ketentuan yang ada di sekolah mitra selama menjalankan tugas sebagai peserta PPL. Demikian, bisa menjaga nama baik STKIP PGRI Situbondo," terangnya

Acara yang berlangsung di Aula STKIP Situbondo itu, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama bersama tujuh sekolah mitra yang sudah ditentukan yaitu:

1. SMAN 1 Asembagus Situbondo
2. MAN 1 Situbondo
3. MAN 2 Situbondo
4. SMKN 1 Situbondo
5. SMKN 2 Situbondo
6. SMKN 1 Kendit
7. SMKN 1 Suboh

Kegiatan PPL ini akan berlangsung sampai bulan November 2019, dimana para mahasiswa akan melakukan observasi dan praktik mengajar selama dua bulan penuh. Dengan harapan dapat memiliki pengalaman otentik dan kontekstual dalam berproses menjadi pendidik profesional.

(M.A.R)