Gerakan Peduli, DAPM Kecamatan Kapongan Berbagi Ke Desa-Desa -->
Cari Berita

Advertisement

Gerakan Peduli, DAPM Kecamatan Kapongan Berbagi Ke Desa-Desa

Sabtu, 25 April 2020

Gerakan Peduli, DAPM Kecamatan Kapongan Berbagi Ke Desa-Desa
Tampak pengurus kelembagaan UPK saat membagikan sembako kepada puluhan rumah tangga miskin di desa-desa wilayah Kecamatan Kapongan.

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Wujud kepedulian terhadap masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan, kelembagaan pengelola Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) bagikan sembako kepada setiap Desa Se-Kecamatan Kapongan. Rabu (22/04/2020)

Sebagaimana informasi yang dihimpun media ruangaspirasi.net, terdapat beberapa pihak yang hadir terlibat dalam giat berbagi sembako dimaksud, antara lain kelembagaan DAPM yang terdiri dari Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Abu Rawi S.Pd.I beserta anggota, pengurus Unit Pelaksana Kegiatan (UPK), Badan Pengawas UPK Kecamatan Kapongan yakni Suparman, Sahabuddin beserta keanggotaan lainnya.

Menurut Suparman selaku ketua panitia penyaluran bantuan sosial ini, sekaligus BP UPK menjelaskan pembagian sembako semacam ini merupakan program rutinitas yang dilaksanakan kelembagaan DAPM untuk pemberdayaan terhadap masyarakat setempat.

"Biasanya program berbagi begini digelar 2 tahun sekali, namun karena ada efek musibah Corona Virus Desease (COVID-19) maka program bantuan sosialnya dimajukan dengan tema gerakan peduli," terangnya


Disamping itu Suparman menambahkan, kegiatan berbagi sembako bertujuan untuk meringankan beban ekonomi bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) yang ada di desa-desa wilayah Kecamatan Kapongan.

"Di tengah pandemi COVID-19, tentu berdampak terhadap kebutuhan dasar masyarakat utamanya mereka yang kurang mampu, sehingga setidaknya kami DAPM dapat sedikit membantu meringankan beban kebutuhannya," pungkas pria yang juga akrab dengan sapaan Bambang itu.

Hal berbeda BP UPK lainnya Sahabuddin juga menyampaikan terkait teknis giat berbagi dimaksud, yaitu dilaksanakan melalui cara koordinasi dengan Pemerintah Desa utamanya Kepala Desa dan perangkatnya di tiap Desa Kecamatan Kapongan agar tepat sasaran.

VIDEO: Ruang Aspirasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1441 H

"Bantuan sosial ini didistribusikan ke 10 Desa di Kecamatan Kapongan, setiap Desa jumlahnya bervariasi, sementara kami hanya mampu membagikan 290 bungkus paket sembako. Dalam satu bungkus berisi bahan beras 5 KG, minyak 2 liter, mie instan 5, kecap dan barang kebutuhan dasar lain". ungkapnya

"Acara gerakan peduli sosial berjalan lancar, kelembagaan DAPM berharap melaui gerakan pemberdayaan masyarakat desa ini dapat meringankan kebutuhan hidup keseharian mereka. Semoga kita yang memiliki rezeki lebih selalu diberikan kesadaran dan kemampuan untuk terus berbagi," Harap Ketua panitia

Ar Rozy