Tidak Lulus Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK 2021, Nadien Makariem: Jangan Khawatir! -->
Cari Berita

Advertisement

Tidak Lulus Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK 2021, Nadien Makariem: Jangan Khawatir!

Selasa, 21 September 2021

Tidak Lulus Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK 2021, Nadien Makariem: Jangan Khawatir!
Seleksi kompetensi 1 rekrutmen guru PPPK 2021 (istimewa)


INFO KARIR (Ruangaspirasi.net) Hasil seleksi kompetensi 1 rekrutmen guru PPPK sebentar lagi akan diumumkan. Sebagaimana jadwal yang telah ditentukan oleh BKN, pengumuman hasil seleksi kompetensi 1 guru PPPK akan dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 24 September 2021 melalui situs sscasn.bkn.go.id.



Detik-detik pengumuman hasil seleksi ini menjadi momen yang paling menegangkan bagi peserta seleksi kompetensi 1 guru PPPK yang telah mengikuti ujian CAT kompetensi teknis, kompetensi sosio-kultural dan wawancara pada 13 - 17 September 2021 yang lalu.



Nadiem Makarim Meteri Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menjelaskan terkait kebijakan rekrutmen guru PPPK 2021, salah satunya tentang pemberian nilai afirmasi 15 persen bagi guru honorer yang mengikuti rekrutmen di usia 35 ke atas.



"Dengan adanya program ini, pemerintah membantu Bapak/Ibu guru honorer yang telah mengabdi di sekolahnya selama bertahun-tahun dan sudah melewati batas usia persyaratan ujian seleksi CPNS," jelasnya dikutip dari akun instagram resmi ditjen.gtk.kemendikbud. (Selasa, 21/09/2021)



Bagi guru honorer yang telah mengikuti seleksi kompetensi 1 dan belum mencapai nilai ambang batas (passing grade) ujian atau tidak lulus saat pengumuman, Mendikbutristek mengingatkan agar tidak perlu khawatir. Karena setiap peserta yang belum lulus diberi kesempatan untuk mengikuti tes sebanyak 3 kali (seleksi kompetensi 1, seleksi kompetensi 2 dan seleksi kompetensi 3).



"Kami (Kemendikbudristek) memiliki program guru belajar dan guru berbagi khusus seri belajar mandiri guru ASN PPPK. Bapak/Ibu bisa memanfaatkan program ini agar bisa mempersiapkan diri mengikuti seleksi kembali. Program ini bertujuan untuk memberikan fasilitasi kepada calon pendaftar ASN PPPK yang terdiri dari materi, perangkat, latihan soal, community learning serta try out," jelas Nadiem Makarim.