Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Baderan oleh BPBD Kab. Situbondo
Cari Berita

Advertisement

Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Baderan oleh BPBD Kab. Situbondo

Kamis, 21 Maret 2019

Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Baderan oleh BPBD Kab. Situbondo
SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Melaksanakan Sosialisasi dan  Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang - Situbondo, Kamis, 21/03/2019.

Kabid Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Kab. Situbondo Gatot Trikorawan SE. M.Si. dalam sambutannya menyampaikan Tujuan kegiatan pembentukan desa tagguh bencana adalah untuk pengembangan desa rawan bencana dan masyarakat serta meningkatkan kesiapsiagaan atas resiko bencana secara mandiri.

Kepala Pelaksana BPBD Kab. Situbondo Taufik Hidayat menyampaikan pentingnya pembentukan desa tangguh bencana  karena Desa Baderan merupakan salah satu desa dengan objek wisata unggulan di Kabupaten Situbondo, sehingga pengunjung akan lebih tenang dalam berwisata dengan adanya pembentukan Desa Tangguh Bencana.

Pingky Hidayati, S.PSI., M.PSI selaku Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jatim memberikan sosialisasi Tentang Manajemen Resiko Bencana yang mencontohkan gempa bumi, "Bukan gempanya yg membunuh tapi bangunan atau ketidak-tahuan masyarakat terhadap cara evakuasi, Respon terbaik disaat ada bencana alam gempa bumi:
1. Menjatuhkan diri dengan hati-hati
2. Melindungi kepala dan leher
3. membungkuk dibawah meja untuk mencari perlindungan, demikian penjelasan Ibu Pinky Hidayati.

Sosialisasi dan pembentukan Desa Tangguh Bencana diakhiri dengan penyerahan lencana Desa Tangguh Bencana kepada Kepala Desa Baderan oleh Kabid Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Kab. Situbondo yang disaksikan oleh Camat Sumbermalang.