MAN 1 Situbondo Raih Penghargaan Madrasah Paling Inspiratif di Jawa Timur
Cari Berita

Ruang Aspirasi Kreatif Membangun negeri

Advertisement

MAN 1 Situbondo Raih Penghargaan Madrasah Paling Inspiratif di Jawa Timur

Jumat, 03 Januari 2020

MAN 1 Situbondo Raih Penghargaan Madrasah Paling Inspiratif di Jawa Timur
Bupati Situbondo saat memberikan piala penghargaan kepada Kepala Sekolah MAN 1 Situbondo sebagai Juara 1 Madrasah Inspiratif di Tingkat Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Situbondo menerima penghargaan Peringkat 1 Madrasah Inspiratif di tingkat Jawa Timur (Jatim). Penghargaan tersebut, diberikan langsung oleh Bupati Situbondo pada acara puncak Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74 Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Situbondo. Jum'at (03/01/2020)

Peringatan HAB Ke 74 yang berlangsung di Alun-Alun itu, dihadiri Kepala Kantor  Kemenag Situbondo H. Misbahul Munir, Kasubag dan Para Kasi. Turut hadir pula  para Kepala Satker, Pengawas, DPW Dharma Wanita Persatuan serta seluruh ASN, Kepala Madrasah Swasta, para Pendidik yang sertifikasi dari semua jenjang termasuk pula Penyuluh Agama non PNS, guru PAIS dan para peserta didik di Satker Wilayah Tengah. Tampak hadir juga diantara ribuan peserta upacara, yakni Bupati dan Wakil Bupati serta unsur Muspida Kabupaten Situbondo.

BACA JUGA: Kesempatan Menjadi Seorang Penulis Bersama Ruang Aspirasi

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Situbondo menghimbau agar para ASN di bawah naungan Kementerian Agama untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta kedamaian.

"Lebih-lebih yang paling utama adalah menjalin kerukunan antar umat beragama. Apabila upaya ini dilakukan bersama insyaallah bangsa indonesia akan damai dan maju," terang H. Dadang Wigiarto.

Semetara Kepala Kantor Kemenag Situbondo memaparkan, HAB  kali ini berjalan khidmat dan sukses karena didukung cuaca yang cerah dan peserta yang kondusif. Ia mengaku bangga dan puas dengan pelaksanaan upacara HAB ke 74 Kemenag kali ini.

"Kami juga berharap semoga Jalan Santai yang menjadi penutup kegiatan HAB pada Rabu 08 Januari 2020 tidak ada halangan apapun," ungkap Misbahul Munir.

Kepala Kantor Kemenag Situbondo juga menjelaskan hal menarik rangkaian acara pasca upacara, yaitu pemberian piala dan piagam penghargaan kepada Madrasah berprestasi di tingkat Jatim. Sebab di Situbondo terdapat tiga Satker yang mendulang sukses.

"MAN 1 Situbondo sebagai juara 1 Madrasah Inspiratif Tingkat Jatim, MAN 2 Situbondo meraih peringkat 2 Fashion Daur Ulang Tingkat Jatim dan MTsN 2 Situbondo meraih penghargaan Juara 3 Madrasah Sehat Tingkat Jatim," jelas Misbahul Munir.

BACA JUGA: 5 Aplikasi VPN Terbaik dan Tercepat

Dikonftimasi usai menerima penghargaan, Kepala MAN 1 Situbondo Mohammad Faris menyampaikan bahwa, butuh pemikiran dan kinerja yang pantang menyerah dalam menggapai sukses terutama yang berkaitan dengan setiap ajang apalagi pada level Jatim, Nasional dan internasional.

"Tentu, untuk mendapatkan prestasi diperlukan kerjasama stakeholder yang baik dan tidak serta merta merasa puas dengan hasil saat ini, jika hari ini peringkat 1 Jatim, kita targetkan pada even-even selanjutnya di level Nasional dapat meraih hasil maksimal," kata pria asal Sumenep itu.

"Saat ini MAN 1 Situbondo mencanangkan program destinasi wisata Madrasah Kaligrafis yang mungkin satu-satunya di Indonesia, mohon dukungan dan doanya semoga program ini dapat berjalan lancar," pungkas alumnus Program Doktoral IAIN Jember dan peraih peringkat 1 TEST IQ tingkat Nasional.